Inilah Penampakan Facebook ala Korea Utara | _MisterNotFound_ Official Blog
 


Korea Utara (Korut) dilaporkan dalam waktu singkat sempat meluncurkan media sosial (medsos) yang sangat mirip dengan Facebook.
Namun, peluncuran tersebut hanya berusia singkat karena laman medsos milik Korut tersebut sudah langsung diretas sehingga tidak bisa diakses.
Sebagaimana dilansir dari Russia Today, Minggu (29/5/2016) laman medsos buatan Korut itu bernama StarCon dan sempat dipromosikan sebagai ‘Jaringan Sosial Terbaik Korea’.

Serupa dengan Facebook yang asli, medsos milik Korut tersebut mengizinkan orang-orang dari berbagai negara bergabung lalu mengunggah foto, status, berkirim pesan, dll.

Menurut pantauan dari perusahaan analisis internet, Dyn Research, laman medsos StarCon memiliki jaringan utama/server dari Korut di mana negara ini terkenal pengekangan warga negaranya terhadap penggunaan internet. Dyn Research melaporkan mereka menemukan StarCon pada Jumat 27 Mei 2016.

Dilaporkan, situs medsos tersebut memiliki nama yang diambil dari perusahaan penyedia layanan internet di Korut yang bernama Star.
Doug Madory, peneliti dari DYN mengatakan DNS (sering disebut sebagai buku alamat di internet) di situs StarCon menggunakan Domain Name System (server yang merubah nama domein jadi alamat IP) milik Korut.

Namun, tidak lama ketika situs tersebut diluncurkan, laman StarCon langsung diretas oleh seorang remaja dari Skotlandia. Remaja yang bernama Andrew McKean mengatakan ia berhasil masuk ke dalam ‘jalur belakang’ laman web tersebut dengan menggunakan kata “admin” dan “password” di laman login StarCon.

===================================================

Original Post :
OkeZone

Posting Komentar

 
Top