Wah, Hari ini Google Doodle sedang Merayakan Ulang Tahun Lotte Reiniger yang ke-117. Lalu, Siapakah dia? | _MisterNotFound_ Official Blog
 



Google kembali memberikan apresiasi untuk seorang tokoh dunia yakni Lotte Reiniger melalui Google Doodle hari ini Kamis (2/6/2016). Jika kita membuka halaman utama Google, maka akan terlihat ada yang berbeda dari mesin pencari tersebut. Yap, hari ini Google memasang doodle Charlotte "Lotte" Reiniger. Doodle itu muncul di halaman pertama google untuk merayakan ulang tahun Lotte Reiniger yang ke-117.

Lalu, jika kita mengarahkan tetikus/mouse ke arah gambar tersebut, maka kita akan diarahkan menuju pencarian tentang Lotte Reiniger



Lalu siapakah Lotte Reiniger ?

Lotte Reiniger merupakan seorang sutradara perempuan terkenal asal Jerman. Wanita yang memiliki nama lengkap Charlotte Reiniger ini merupakan pelopor film animasi siluet yang hingga kini digunakan di Walt Disney.
Wanita yang lahir di Berlin-Charlottenburg, Jerman pada 2 Juni 1899 ini, merupakan sutradara pertama yang memakai teknik animasi silluet. Jika saat ini penikmat film banyak mengenal film animasi keluaran Walt Disney,maka Lotte Reiniger lah yang menjadi pelopornya.

Lotte Reiniger menikah dengan Carl Koch tahun 1921. Koch kemudian menjadi partner kreatifnya. Dari sang suami itulah, Lotte Reiniger bisa berinteraksi dan bertukar ide dengan sejumlah seniman filsuf besar seperti Bertolt Brecht, Berthold Bartosch dan seniman avant-garde Hans Curlis.

Selama karirnya di dunia perfilman, Lotte Reiniger telah banyak menghasilkan film. Salah satu karyanya yang sangat terkenal yang berjudul The Adventures of Prince Achmed yang diproduksi tahun 1926 dan film Papageno yang diproduksi tahun 1935 yang musik latarnya dibuat oleh komponis ternama Wolfgang Amadeus Mozart.
Lotte Reiniger merupakan sutradara film yang tidak kenal menyerah. Ketika di Jerman sedang berkuasa rezim Nazi, dirinya memilih untuk hijrah dan mencari perlindungan di Roma dan Paris. Namun akhirnya, dia kembali lagi ke Jerman hingga akhirnya meninggal dunia di kota Dettenhausen, Jerman tanggal 19 Juni 1981 dalam usia 82 tahun.

Sebagai seniman dan sutradara perempuan, Lotte Reiniger memberikan sumbangan besar dalam perkembangan sinematografi khususnya film. Maka tak heran, bila hari ini google memasang doodle Lotte Reiniger.

Posting Komentar

 
Top