Tau Gak Sih? Selain Pokemon Go, Aplikasi dan Game Ini Juga Berkonsep Augmented Reality | _MisterNotFound_ Official Blog
 

Semenjak kehadiran Pokemon Go, sekarang kita sudah mulai memainkan dan mengenal game ber-genre Augmented Reality atau bisa disingkat dengan AR. Lalu, apa itu Augmented Reality ?

Augmented Reality atau dalam bahasa Indonesia Realitas tertambah dan dikenal dengan singkatan bahasa Inggrisnya AR (Augmented Reality), adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Tidak seperti realitas maya yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, realitas tertambah sekedar menambahkan atau melengkapi kenyataan.
Benda-benda maya menampilkan informasi yang tidak dapat diterima oleh pengguna dengan inderanya sendiri. Hal ini membuat realitas tertambah sesuai sebagai alat untuk membantu persepsi dan interaksi penggunanya dengan dunia nyata. Informasi yang ditampilkan oleh benda maya membantu pengguna melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam dunia nyata.

Realitas tertambah dapat diaplikasikan untuk semua indera, termasuk pendengaran, sentuhan, dan penciuman. Selain digunakan dalam bidang-bidang seperti kesehatan, militer, industri manufaktur, realitas tertambah juga telah diaplikasikan dalam perangkat-perangkat yang digunakan orang banyak, seperti pada telepon genggam.

Teknologi Augmented Reality sangat cepat sekali berkembang, di Indonesia sendiri telah banyak aplikasi-aplikasi yang menggunakan teknologi AR. AR merupakan terobosan dibidang teknologi yang sangat canggih. Karena dengan teknologi ini kita dapat membuat segala hal yang abstrack atau virtual bisa kelihatan nyata atau real.

Teknologi AR sendiri telah dikembangkan dalam berbagai hal, dalam pemanfaatanya teknologi ini dapat digunakan dalam hal:

Augmented Reality Interactive Games
Augmented Reality Presentation
Augmented Reality Event
Augmented Reality High Tech Environment
Augmented Reality Website
Augmented Reality Promotion

Wah keren ya, hehe. Lalu apa saja aplikasi dan game yang mengusung AR selain Pokemon Go? Oke cekidot, bray :

1. Ingress

Ingress adalah game AR yang didesain untuk bisa dimainkan ribuan orang dalam satu kali kesempatan. Board pada game ini adalah ‘dunia’ pada game (mirip-mirip AR Risk).
Di game ini kita bisa pilih kubu The Enlightened yang ingin eksplor jenis energi baru, atau The Resistance yang ingin melindungi umat manusia dan alam yang tersisa.

Pemain bisa mengeksplor dan nge-tap sumber daya misterius yang berupa neon blobs ter-overlay di atas gambar yang diambil kamera smartphone. Bisa juga berinteraksi dengan pemain lain dan menguasai teritori seperti landmark terkenal. Recommended buat semua, terutama yang berambisi menguasai dunia.
Penasaran dengan game ini? Coba aja liat video-nya disini


2. Wikitude


Recommended banget tuk lo yang suka atau pernah baca Wikipedia. Wikitude akan memberi kita banyak informasi relevan mengenai apa yang ada di depan kita, sepanjang perjalanan. Jadi, kamera akan memindai landscape atau objek di depan kita kemudian fakta menarik & tersembunyi serta konten menarik muncul.

Contohnya, gua pegang smartphone di sebuah kota asing. Nah, gua bisa mengetahui nama-nama gedung dan bangunan. Ketika scan majalah, bisa ‘menyembulkan’ video yang relevan dengan artikel majalah tadi. Bisa juga liat model 3D. Tombol buy now juga bisa dibikin ‘muncul’ dari smartphone sehingga belanja berasa futuristik. Keren banget yo bray. Untuk demo video-nya, mampir disini bray.


3. Kick Ball AR Soccer
Pengen ngerasain maen bola di dalem ruangan dan dimana saja? Kalem bray, Game ini cocok banget tuk lo yang hobi maen bola. Bahkan lo bisa maen dimana aja sesuka lo, asalkan jangan maen di masjid bray wkwk.
Game AR ini memberikan kita bola virtual yang bisa ditendang. Cukup arahkan kamera smartphone ke arah kaki sehingga bisa muncul tuh bola virtual di layar yang bisa ditendang-tendang. Bisa perform tricks kayak pemain bola professional loh bray. Penasaran? Coba deh liat video-nya disini


4. Star Walk 2 Constellations


Dengan bantuan app AR bernama Star Walk 2, kini kita bisa stargazing bray. Kalau kita mengarahkan kamera smartphone ke langit, app ini bisa memberi tahu apa yang sedang kita lihat.
Seperti bintang, planet, komet, meteor, atau nebula! Bisa juga langsung mencari lewat lokasi tertentu. Hebatnya, kita tidak perlu koneksi internet, bray. So, bermanfaat banget tuk pecinta camping dan bermalam di alam terbuka nih. Demo video, mampir dimari bray.


5. Quiver

App ini bisa disebut sebagai app adult coloring books. App Quiver ini memungkinkan kita tuk membuat gambar menjadi hidup, loh! Cukup pilih gambar di situs/app Quiver, download, kemudian print. Setelah itu, warnai dengan apa saja deh sesuai selera. Nah, kalau sudah, kalian bisa melihat hasil karya kalian bergerak, dengan hover kamera smartphone ke gambar. Kita bisa bermain-main dengan karakter animasi dengan cara menyentuh layar dan bahkan melihatnya langsung di 3D menggunakan headset VR Cardboard. Demo video? Cekidot disini bray


6. SpecTrek

Dengan game AR ini, kita bisa berburu hantu 😀 Konsep kerjanya sama dengan AR pada umumnya. Game ini berbasis waktu, artinya dalam waktu tertentu hantu virtual akan muncul pada peta. Waktu berburu bisa mulai 15 menit sampai 8 jam. Bisa sekalian fitness juga nih karena jalan-jalan. Bakal seru untuk anak-anak. Dan game ini bisa lo dapatkan di Play Store dan iOS Store.


7. Toy Car RC


Dengan app Toy Car RC ini, kita bisa mengendarai mobil virtual di sekitar lintasan imajinatif yang ‘timbul’ di atas sekitar kita. Cukup letakkan marker kertas di tempat yang diinginkan untuk mengubahnya menjadi sirkuit.
Contohnya, kita bisa mengendarai sepanjang tempat tidur ngumpulin kepingan emas di Wild West; Mengelak pot dan panci di dapur sambil ngumpulin permen di dunia permen. Didesain untuk anak-anak berusia 6 tahun keatas, ada beberapa opsi setir dan imajinasi semakin mantap dengan garis finis ciptaan sendiri. Demo video bisa mampir disini bray.

Gimana bray, kece kan? Sebagian besar app dan game diatas bisa lo donlod di Play Store dan iOS Store loh :)
Sekian postingan unyu gua kali ini, sampai jumpa di postingan selanjutnya

===================================================

Original Post :
Kaskus

Posting Komentar

 
Top