Subdomain Situs Univesitas Sebelas Maret, Diretas? | _MisterNotFound_ Official Blog
 

Tepat pada tanggal 26 Maret 2016, subdomain situs UNS (Universitas Sebelas Maret) yang merupakan Universitas dari Solo tersebut diretas, yaitu http://infolab.uns.ac.id/
Infolab merupakan situs praktikum, penelitian dan pengujian milik Universitas Sebelas Maret yang berhasil diretas oleh attacker yang menamakan dirinya FadliDotID_007. Peretas tersebut berasal dari cyber team yang bernama Pasukan Berani Mati Team.
FadliDotID_007 berhasil meretas subdomain situs UNS dengan memanfaatkan celah SQL Injection pada website tersebut. Dan hasil peretasannya ia pamerkan di Grup Indonesian Cyber Freedom pada Facebook
Untungnya, peretas tersebut tidak menebas laman utama situs Infolab , melainkan ia menulis berita pada subdomain situs UNS tersebut.
Berikut screenshoot yang berhasil saya rangkum :




Kurang diketahui secara pasti motif peretasan tersebut, mungkin saja untuk menyadarkan sang admin bahwa subdomain situs UNS tersebut memiliki bug.
Ya, tidak semua tindak peretasan memiliki sisi negatif dan beraroma kejahatan, semua itu tergantung pada niat dan pola pikir masing-masing.  Namun, semoga sang admin segera menutup celah pada situsnya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Posting Komentar

 
Top